Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DK PBB Segera Voting Resolusi Gencatan Senjata Gaza Usai Didesak AS

Ilustrasi Sidang DK PBB


Ciamis, - Amerika Serikat (AS) mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan voting mengenai draf resolusi yang mendukung rencana gencatan senjata di Gaza, Palestina. DK PBB akan melakukan pemungutan suara pada Senin sore waktu AS.

Dilansir dari Detik News, Senin (10/6/2024), AS menyelesaikan usulan draf resolusi tersebut pada hari Minggu setelah enam hari perundingan di antara 15 anggota dewan. Belum jelas apakah hak veto Rusia dan China akan mengizinkan penerapan rancangan tersebut.


Resolusi DK PBB memerlukan setidaknya ada sembilan suara yang mendukung dan tidak ada veto dari AS, Prancis, Inggris, China, atau Rusia untuk dapat disahkan.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebelumnya telah menyusun siasat gencatan senjata dalam tiga fase pada tanggal 31 Mei yang ia gambarkan sebagai inisiatif Israel. Beberapa anggota Dewan Keamanan mempertanyakan apakah Israel telah menerima rencana untuk mengakhiri pertempuran di Gaza.


Rancangan resolusi untuk gencatan senjata itu disebut telah "diterima Israel, menyerukan Hamas untuk juga menerimanya, dan mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan ketentuan-ketentuannya tanpa penundaan dan tanpa syarat."


Selama kurun waktu berbulan-bulan, perunding dari AS, Mesir dan Qatar telah berusaha menengahi gencatan senjata. Hamas mengatakan mereka menginginkan diakhirinya perang di Gaza secara permanen dan penarikan Israel dari wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang itu.


AS sebelumnya telah mendesak DK PBB untuk melakukan voting terhadap draf resolusi yang mendukung rencana "gencatan senjata segera dengan pembebasan para sandera" antara Israel dan Hamas, yang sedang berperang di Jalur Gaza.


Seperti dilansir AFP, Senin (10/6), sejumlah sumber diplomatik PBB mengatakan voting atau pemungutan suara dijadwalkan pada Senin (10/6) waktu setempat, namun belum dikonfirmasi oleh Korea Selatan (Korsel) yang memegang jabatan Presiden Dewan Keamanan PBB untuk bulan Juni.


"Hari ini, Amerika Serikat meminta Dewan Keamanan (PBB) untuk melakukan pemungutan suara... mendukung usulan yang dibahas," ucap juru bicara delegasi AS untuk PBB, Nate Evans, dalam pernyataan pada Minggu (9/6) waktu setempat tanpa menyebut tanggal voting digelar.


"Anggota dewan tidak boleh melewatkan kesempatan ini dan harus berbicara dengan satu suara untuk mendukung kesepakatan ini," imbuhnya.


Posting Komentar untuk "DK PBB Segera Voting Resolusi Gencatan Senjata Gaza Usai Didesak AS"

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp

PROMO JASA BACKLINK BOOSTRINDO

Optimalkan website Anda dengan Backlink dari Boostrindo! Promo hanya Rp. 50.000 per 1 artikel (per artikel max 2 link)!

Booking Sekarang

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp