Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kunafa: Lezatnya Keju Berlapis


Kunafa, juga dikenal sebagai Knafeh, adalah hidangan penutup tradisional yang berasal dari Timur Tengah. Kunafa terbuat dari adonan pastry yang disebut kataifi atau phyllo, yang merupakan campuran tepung, tepung maizena, garam, minyak, dan air. Hidangan ini memiliki rasa manis dan asin dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Kunafa adalah salah satu hidangan penutup paling terkenal di Timur Tengah, sebuah klasik yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kunafa biasanya memiliki isian krim atau mozzarella dan diberikan topping kacang pistachio di atasnya. Kunafa juga dikenal dengan berbagai variasi di negara-negara tetangga.

Sejarah mencatat bahwa kunafa mungkin telah diciptakan oleh dokter untuk memuaskan rasa lapar kalifah selama Ramadan. Cerita ini sering dikaitkan dengan Mesir Fatimiyah atau Kekhalifahan Umayyah di Damaskus, Suriah. Namun, hidangan yang disebutkan dalam teks-teks sejarah mungkin tidak sama dengan versi kunafa yang kita kenal saat ini.

Berikut adalah resep untuk membuat Kunafa Mozzarella di rumah.

Bahan:

  • 250 gram - Adonan Kataifi atau pastry phyllo
  • 200 gram - Mentega asin (cairkan)
  • 500 gram - Keju mozarella
  • 100 gram - Kacang pistachio cincang
  • Sirup gula secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tuang susu dan gula dalam panci, kemudian aduk supaya merata. Tunggu hingga mendidih dengan api kecil.
  2. Encerkan tepung maizena dengan air putih. Jika adonan kunafa sudah mendidih, masukkan tepung maizena ke dalam panci, lalu aduk selama satu menit supaya mengental.
  3. Masukkan keju yang sudah diparut sesuai selera.
  4. Siapkan panci kecil lalu masukkan gula, satu setengah gelas air dan perasan air lemon. Panaskan panci dengan api sedang sampai besar. Masak perlahan sambil diaduk sesekali hingga gula larut sekitar lima menit.
  5. Biarkan sirup mendingin sekitar tiga puluh menit lalu masukkan air bunga jeruk dan air bunga mawar.
  6. Panaskan oven hingga 400 derajat Fahrenheit dengan rak oven di sepertiga bagian bawah oven. Olesi Loyang berukuran 13 x 9 inci dengan ghee atau mentega tawar.
  7. Aduk mozzarella dan ricotta dalam mangkuk sedang hingga tercampur. Tutup dan dinginkan campuran keju sampai siap digunakan.
  8. Campurkan kataifi dan mentega tawar leleh dalam mangkuk besar hingga tercampur. Taburkan separuh adonan kataifi ke dalam Loyang yang sudah disiapkan. Tekan dengan kuat dengan tangan sampai menutupi bagian bawah secara merata.
  9. Taburkan sisa adonan kataifi secara merata di atas isian lalu tekan dengan kuat. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sampai keju meleleh dan kulitnya berwarna cokelat keemasan. Panggang sekiter dua puluh lima hingga tiga puluh lima menit.
  10. Setelah matang biarkan dingin dalam loyang selama lima menit. Balikkan kunafa ke piring saji lalu siram dengan sirup gula dingin secukupnya untuk merendamnya sekitar satu setengah cangkir. Setelah sirup gula menyerap taburi dengan pistachio. Kunafa mozzarella siap di sajikan.

Selamat mencoba! 😊

Posting Komentar untuk "Resep Kunafa: Lezatnya Keju Berlapis"

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp

PROMO JASA BACKLINK BOOSTRINDO

Optimalkan website Anda dengan Backlink dari Boostrindo! Promo hanya Rp. 50.000 per 1 artikel (per artikel max 2 link)!

Booking Sekarang

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp