Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu yang Renyah dan Tahan Lama

keripik tempe sagu


Keripik tempe sagu adalah makanan khas Indonesia yang sangat banyak diminati. Bukan hanya di Indonesia saja, bahkan keripik tempe sagu ini kini sudah memancanegara. Rasanya yang khas sangat membuat banyak orang menjadi ketagihan.


Bahkan beberapa tahun yang lalu saya sempat membuat usaha keripik tempe sagu di rumah dan ternyata sangat banyak peminatnya. Waktu itu saya jual dengan harga Rp. 2000 per bungkus kecil untuk jajanan anak-anak dan saya pasarkan ke warung-warung.


Dulu saya membuat merek produk keripik tempe sagu yang saya produksi dengan nama Keripik Tempe Hijrah. ada banyak varian ukuran. Ada yang saya jual 2000an ada yang 5000an ada yang 10.000an dan sebagainya.

keripik tempe hijrah


Waktu saya jual ke warung-warung dengan dibantu oleh 3 orang yang artinya ada 3 motor yang setiap hari keliling mengantar ke warung-warung. Setelah saya hitung-hitung ternyata per motor itu saya harus memiliki modal sebanyak 4 juta agar modal bisa berputar perkiraan permotor itu memegang sekitar 400 warung per minggunya jadi yang 3 motor itu totalnya sekitar 1200 warung. Oke itu intermezo cerita saya di produksi keripik tempe sagu ini.


Jika ada yang ingin saya ajarkan cara produksinya dari nol, boleh untuk kontak saya langsung. kontak dan alamat saya ada disini >  Kontak Kami Saya akan membantu Anda dalam produksi sampai mahir dan saya juga bisa ajarkan bagaimana strategi jualan ke warung-warung agar modal bisa berputar. Ini gambaran tempat produksi saya pada waktu itu > Video Produksi Keripik Tempe Hijrah.



Tentunya untuk membuat keripik tempe sagu Anda harus menyiapkan kacang kedelai, tepung sagu, dan bumbu. Nah, untuk membuatnya terbagi menjadi 13 tahapan. Berikut ini tahapan lengkapnya:


1. Pencucian Kacang Kedelai

Cuci hingga bersih kacang kedelai yang baru saja kita beli dari toko atau pasar. Tujuannya agar pada saat melakukan perebusan kondisi kacang kedelai sudah dalam keadaan bersih.


2. Perebusan Kacang Kedelai

Setelah kacang kedelai kita cuci bersih, langkah selanjutnya adalah merebusnya hingga matang. Biasanya ciri-cirinya ketika sudah matang adalah sudah tercium wangi khas kacang matang dan ketika dicicipi sudah terasa manis dan tidak pahit (rasa khas kacang mentah).

Setelah dirasa kacang sudah matang, maka angkat dan tiriskan beberapa kurang lebih satu menitan.


3. Proses Perendaman Kedelai

Setelah kacang kedelai matang dan ditiriskan beberapa menit, rendam kacang kedelai tadi dengan air bersih yang dicampur dengan air bekas rebusan kedelai yang tadi hingga seluruh permukaan kacang kedelai tertutupi oleh air. Usahakan air nya harus dalam kondisi hangat karena permentasi akan bekerja jika suhunya hangat.

Kenapa harus dicampur dengan air bekas rebusan kedelai? Ini bertujuan utuk memancing asam laktat agar lebih cepat bekerja pada saat permentasi. Intinya agar proses permentasi berhasil.

Lakukan perendaman kurang lebih tiga hari tiga malam hingga air rendaman kedelainya menjadi seperti lendir dan berbau asam.


4. Proses Pencucian Kedelai Tahap ke 2

Jika proses fermentasi sudah selesai langkah selanjutnya adalah melakukan pencucian kedelai hingga bersih. Pada saat pencucian, bilas kacang kedelai sampai kulitnya terkelupas semua. Pastikan semua kulitnya sudah terkelupas.

Setelah kacang dicuci bersih maka lanjutkan ke tahap selanjutnya.


5. Rebus Kedelai Untuk yang Kedua Kalinya

Setelah kacang kedelai dicuci bersih, maka langkah selanjutnya adalah merebusnya kembali hingga airnya mendidih untuk menghilangkan bakteri jahat yang nantinya dapat merusak pada proses pembuatan tempe. 

Setelah airnya mendidih, maka kacang kedelai harus ditiriskan hingga menjadi benar-benar dingin.


6. Peragian

Langkah selanjutnya adalah melakukan peragian. Taburi kacang kedelai oleh ragi tempe hingga semuanya kacang kedelai terbaluri oleh ragi. (dulu saya menggunakan ragi tempe merek raprima). Pastikan semua kacang kedelai sudah merata terkena ragi tempe.


7. Campur Dengan Tepung Sagu

Setelah kacang dibaluri dengan ragi, langkah selanjutnya adalah mencampurnya dengan tepung sagu atau jika tepung sagu tidak ada dapat diganti dengan tepung singkong. baluri kacang kedelai yang sudah diberi ragi tadi dengan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga semua permukaan kacang kedelainya tertutupi oleh tepung sagu.


8. Pembungkusan

Langkah selanjutnya adalah pembungkusan atau pengemasan dengan plastik. Masukan kacang kedelai yang sudah dibaluri dengan tepung sagu tadi ke dalam plastik yang sudah dibolongi oleh jarum agar udara dapat masuk. Pastikan melubangi plastiknya harus merata di semua sisinya agar proses selanjutnya berhasil.


9. Fermentasi Tempe

Simpan kacang kedelai yang sudah dibungkus plastik tadi di tempat yang hangat hingga kurang lebih dua hari sampai benar-benar menjadi tempe sagu. Ciri-ciri sudah menjadi tempe sagu adalah terasa hangat ketika dipegang dengan tangan dan sudah tumbuh jamur secara sempurna.


10. Pemotongan Tempe Sagu

Buka tempe sagu lalu iris tipis-tipis agar ketika nanti digoreng menjadi cepat matang dan rasanya renyah kriuk-kriuk.


11. Siapkan Bumbu

Siapkan bumbu-bumbunya sebelum melakukan penggorengan tempe sagu tadi. Bumbunya adalah Bawang merah secukupnya, Bawang putih secukupnya, daun jeruk, micin, garam, penyedap rasa ayam atau sapi, dan air secukupnya.

Blender bahan-bahan tadi hingga halus. Jika sudah halus lalu tuangkan kedalam wadah.


12 Proses Penggorengan

Jika bumbu sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses penggorengan. Cara menggorengnya sangat unik. ikuti langkah-langkahnya ya agar tidak salah. pertama, ambil potongan tempe sagu yang sudah diiris-iris tadi, lalu celupkan kedalam bumbu lalu goreng hingga matang.


Lakukan seperti itu satu persatu agar ketika digoreng keripik tempe sagunya tidak lengket dan memiliki rasa yang sempurna.


13. Tiriskan dan Sajikan

Jika sudah matang, maka keripik tempe sagu siap untuk ditiriskan dan dimakan. Taraaaaaaa kini Anda sudah sukses membuat keripik tempe sagu dengan proses yang sangat lama dan panjang.. hehehe gak apa apalah yang terpenting kan Anda mengetahui prosesnya yang sangat panjang ini.


Untuk yang ingin belajar membuat Tempe bisa klik link berikut ini Cara Membuat Tempe Untuk Pemula.


Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Keripik Tempe Sagu yang Renyah dan Tahan Lama"

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp

PROMO JASA BACKLINK BOOSTRINDO

Optimalkan website Anda dengan Backlink dari Boostrindo! Promo hanya Rp. 50.000 per 1 artikel (per artikel max 2 link)!

Booking Sekarang

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp