Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Pencegahan DBD di Tengah Meningkatnya Kasus: Langkah-Langkah Vital yang Dapat Dilakukan



Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jumlah kasus DBD pada pekan ke-15 tahun 2024 mencapai angka 62.001 kasus. Angka ini sudah lebih dari setengah dari total kasus yang tercatat sepanjang tahun 2023, yang mencapai angka 114.720 kasus.

Di Jakarta Barat, sebanyak 1.124 orang dirawat karena kasus DBD pada April 2024. "Per 17 April 2024 total pasien DBD sebanyak 1.124 kasus," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Barat Erizon Safari. Rentang usia yang terjangkit DBD meliputi 14 tahun hingga 44 tahun.

Sementara itu, di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pasien DBD meningkat drastis. Dinas Kesehatan setempat mencatat sejak Januari-April 2024, sebanyak 677 warga menjadi pasien, enam orang di antaranya, meninggal dunia. Jumlah ini meningkat drastis dari data sepanjang Januari-Desember 2023, yang mencapai 630 pasien, dengan enam orang yang meninggal dunia.

Pencegahan

Di tengah meningkatnya kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia, penting bagi masyarakat untuk mengetahui dan menerapkan berbagai cara pencegahan penularan penyakit ini. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  1. Kenakan Pakaian Tertutup: Mengenakan pakaian tertutup dapat memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk yang mungkin membawa virus dengue.
  2. Pasang Kelambu dan Kawat Kasa: Memasang kelambu di tempat tidur dan kawat kasa pada ventilasi dapat menghalangi nyamuk penyebab DBD untuk mendekati dan menggigit Anda.
  3. Oleskan Lotion Antinyamuk: Lotion antinyamuk yang banyak beredar di pasaran bisa Anda pakai sebagai salah satu cara mencegah DBD.
  4. Kuras Tempat Penampungan Air: Genangan air merupakan tempat bagi nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.
  5. Memelihara Ikan Pemakan Jentik Nyamuk: Ikan pemakan jentik nyamuk, seperti ikan guppy, dapat membantu mengurangi populasi nyamuk di sekitar rumah.
  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan: Kebersihan lingkungan sangat penting untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti.
  7. Meletakkan Pakaian Bekas Pakai dalam Wadah Tertutup: Hal ini dapat mencegah nyamuk bertelur di pakaian bekas pakai.
  8. Memberikan Larvasida pada Penampungan Air yang Susah Dikuras: Larvasida dapat membunuh larva nyamuk dan mencegahnya berkembang menjadi nyamuk dewasa.
  9. Memperbaiki Saluran dan Talang Air yang Tidak Lancar: Hal ini dapat mencegah genangan air yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
  10. Menanam Tanaman Pengusir Nyamuk, salah satunya bunga lavender.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menerapkan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) selama dua kali seminggu.

=========================

Berita Hari ini di Boostrindo News

Posting Komentar untuk "Upaya Pencegahan DBD di Tengah Meningkatnya Kasus: Langkah-Langkah Vital yang Dapat Dilakukan"

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp

PROMO JASA BACKLINK BOOSTRINDO

Optimalkan website Anda dengan Backlink dari Boostrindo! Promo hanya Rp. 50.000 per 1 artikel (per artikel max 2 link)!

Booking Sekarang

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp