Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sepatu Rp 10 Juta: Tagihan Pajak Bea Cukai Rp 31 Juta yang Mengejutkan



Baru-baru ini, media sosial dihebohkan oleh seorang pria yang membeli sepatu seharga Rp 10 juta, namun ditagih pajak bea cukai sebesar Rp 31 juta saat masuk ke Indonesia. Kejadian ini menimbulkan berbagai reaksi dari publik dan akhirnya mendapatkan penjelasan dari pihak Bea Cukai.

Kronologi

Seorang pengguna TikTok mengunggah video yang menunjukkan bahwa ia harus membayar pajak bea cukai sebesar Rp 31,8 juta untuk sepatu yang baru dibelinya. Menurut keterangan dalam video tersebut, sepatu tersebut hanya seharga Rp 10,3 juta. Pengunggah video tersebut mengaku telah melakukan pengecekan dan penghitungan manual dengan aplikasi Mobile Beacukai untuk mengetahui pajak yang harus dibayarnya. Menurutnya, seharusnya pajak bea cukai yang dibayarkan hanya Rp 5,8 juta.

Respon Bea Cukai

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani menjelaskan bahwa kenaikan dalam tarif pajak sepatu tersebut disebabkan oleh adanya sanksi administrasi yang dikenakan atas ketidaksesuaian informasi yang diberikan oleh perusahaan jasa titipan (PJT) dalam hal ini DHL.

Askolani mengatakan konsumen bisa memberikan informasi kepada Bea Cukai jika mengetahui info nilai barang kiriman tidak sesuai. Selanjutnya pihak Bea Cukai akan meminta PJT untuk mengkoreksinya.

Penjelasan Bea Cukai

Bea Cukai merinci tagihan yang perlu dibayar, yang terdiri dari Bea masuk 30% sebesar Rp 2.643.000, PPN 11% Rp 1.259.544, PPh impor 20% Rp 2.290.000, dan Sanksi Administrasi Rp 24.736.000. Sehingga total tagihan yang di adalah Rp 30.928.544.

Peristiwa ini menjadi peringatan bagi konsumen untuk selalu memeriksa dan memahami regulasi pajak dan bea cukai sebelum melakukan pembelian barang dari luar negeri. Bea Cukai sendiri telah memberikan penjelasan dan transparansi terkait perhitungan pajak dan bea cukai ini.


Berita Terkini.

Posting Komentar untuk "Kisah Sepatu Rp 10 Juta: Tagihan Pajak Bea Cukai Rp 31 Juta yang Mengejutkan"

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp

PROMO JASA BACKLINK BOOSTRINDO

Optimalkan website Anda dengan Backlink dari Boostrindo! Promo hanya Rp. 50.000 per 1 artikel (per artikel max 2 link)!

Booking Sekarang

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp