Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Jet Lag? Ketahui Penyebab dan Cara Atasi Jet Lag,



Apa Itu Jet Lag? Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasi Jet Lag, Yuk!

Sudah sering dengar istilah jet lag tapi masih belum paham apa makna istilah tersebut? Berikut ini adalah penjelasan mengenai definisi jet lag dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kondisi ini, misalnya seperti gejala yang mungkin timbul, berapa lama kondisi ini berlangsung, hingga cara atasi jet lag.

Apa Itu Jet Lag?

Jet lag merupakan gangguan tidur yang biasanya terjadi karena seseorang bepergian dan melintasi beberapa zona waktu. Sebagai contoh, kamu terbang dari Jakarta menuju Toronto. Karena tubuh kamu masih barpatok pada jam biologis saat kamu berada di Jakarta, saat tiba di Toronto, tubuh kamu jadi mengalami kondisi ini.

Perbedaan zona waktu Jakarta dan Toronto-lah mengakibatkan terjadinya hal ini. Misalnya, kamu pilih keberangkatan di Jakarta jam 6 pagi dan ngarep banget bisa langsung tidur setelah tiba di Toronto setelah perjalanan belasan jam. Sayangnya, kamu malah tidak bisa tidur karena di Toronto masih terang benderang, padahal kamu sudah lelah sekali. Perbedaan waktu yang sangat besar inilah yang membuat jam biologis kamu terganggu.

Untungnya, kondisi ini merupakan kondisi umum yang bisa dialami siapa pun—baik tua maupun muda. Kamu juga tidak perlu khawatir karena jet lag bukanlah kondisi yang berlangsung lama. Meski demikian, lansia biasanya akan mengalami jet lag lebih lama daripada orang lain yang lebih muda.

Mengatasi jet lag setelah bepergian melintasi zona waktu yang berbeda bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa strategi yang dapat membantu. Berikut adalah beberapa tips yang efektif:

 

ISTIRAHAT YANG CUKUP: Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sebelum dan sesudah penerbangan.

JADWALKAN TIBA LEBIH CEPAT: Jika memungkinkan, datanglah lebih awal ke tujuan untuk memberi waktu bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri.

PILIH JADWAL PENERBANGAN YANG TEPAT: Terbanglah sehingga Anda tiba di siang hari, yang membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lebih mudah.

BERJEMUR DI SINAR MATAHARI SAAT TIBA: Paparan sinar matahari dapat membantu mengatur ulang jam biologis Anda.

ATUR PAPARAN SINAR MATAHARI: Sesuaikan paparan sinar matahari Anda berdasarkan arah perjalanan untuk membantu menyesuaikan jam internal Anda.

HINDARI MINUMAN BERALKOHOL DAN KAFEIN: Minuman ini dapat mengganggu pola tidur dan memperburuk jet lag.

BEROLAHRAGA: Olahraga dapat membantu menyesuaikan jam biologis Anda dan meningkatkan kualitas tidur.

ATUR ASUPAN MAKANAN: Makanlah sesuai dengan waktu makan di zona waktu baru untuk membantu menyesuaikan jam internal Anda.

 

Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat membantu tubuh Anda menyesuaikan diri lebih cepat dan mengurangi dampak jet lag. Selamat bepergian! 😊

=========================

Berita Hari ini di Boostrindo News

Posting Komentar untuk "Apa Itu Jet Lag? Ketahui Penyebab dan Cara Atasi Jet Lag, "

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp

PROMO JASA BACKLINK BOOSTRINDO

Optimalkan website Anda dengan Backlink dari Boostrindo! Promo hanya Rp. 50.000 per 1 artikel (per artikel max 2 link)!

Booking Sekarang

Ingin memesan jasa SEO, backlink, atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui WhatsApp!

Chat WhatsApp